Minggu, 02 Maret 2014

Rijalul Ansor VI



Ans Tamanharjo—Dalam kegiatan melestarikan Budaya Nahdlotul Ulama, GP Ansor Ranting Tamanharjo tetap istiqomah mengadakan kegiatan. Pada bulan maret ini, Dusun Damean menjadi tuan rumah untuk acara  Rijalul Ansor yang di adakan tiap bulan.
Acara ini diadakan di Langgar waqof Damean tepat di depan rumah bapak Yadi, salah satu tokoh Ansor Desa Tamanharjo yang pernah merintis kegiatan pemuda Ansor khususnya di Dusun Damean Desa Tamanharjo.
Seperti yang telah di lakukan pada kegiatan Rijalul Ansor pada edisi sebelumnya, acara di mulai dengan pembacaan khotmil qur’an pada pagi hari (07.00-13.00) dan mendo’akan arwah penduduk setempat. Kemudian ba’da isya di lanjutkan dengan membaca sholawat dan santunan kepada anak yatim /piatu yang berdomisili di sekitar langgar waqof ( rt-rt sekitar) dan di lanjutkan dengan mau’idhoh khasanah di mana Ustadz Slamet Hariono (Ketua MWC NU Singosari) sebagai muballighnya.
Sebelum memulai taushiyahnya, Ustadz Slamet Hariono mengajak jama'ah untuk membaca fatehah karena meninggalnya salah satu tokoh NUyang sekarang menjabat Rais Syuriyah PBNU KH Masduqi Mahfudz  pada hari tersebut.

Ustadz Slamet hariono menyampaikan tentang pentingnya membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.  Beliau menukil ayat alqur’an :
إِنَّ اللَّهَ وَ مَلَئكتَهُ يُصلُّونَ عَلى النَّبىّ‏ِ يَأَيهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صلُّوا عَلَيْهِ وَ سلِّمُوا تَسلِيماً
“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi; wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu kepadanya dan ucapkan salam kepadanya.” (Al-Ahzab/33: 56)
Oleh karenanya budaya membaca sholawat ini hendaknya tidak di lakukan hanya saat ada kegiatan, namun juga bisa di bawa pada kehidupan sehari-hari.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar